Situs terpercaya seputar Smartphone, dapatkan informasi Smartphone setiap hari disini

Rabu, 09 Desember 2015

IIF Siap Bentuk Tim untuk Selidiki Penyadapan Telkomsel & Indosat

IIF Siap Bentuk Tim untuk Selidiki Penyadapan Telkomsel & Indosat - Kali ini Situs Smartphone akan mengulas artikel Smartphone terbaru berjudul IIF Siap Bentuk Tim untuk Selidiki Penyadapan Telkomsel & Indosat yang dikutip dari Tabloid Pulsa. Jika anda ingin mengetahui lebih detail mengenai artikel IIF Siap Bentuk Tim untuk Selidiki Penyadapan Telkomsel & Indosat, anda bisa menyimak artikel kami tentang IIF Siap Bentuk Tim untuk Selidiki Penyadapan Telkomsel & Indosat dibawah ini.

IIF Siap Bentuk Tim untuk Selidiki Penyadapan Telkomsel & Indosat


Terbongkarnya kasus penyadapan yang dilakukan oleh Australia dan Amerika Serikat terhadap pelanggan domestik dua operator terbesar di Indonesia, Telkomsel dan Indosat sangat memprihatinkan.

Telkomsel dan Indosat seperti diketahui digunakan oleh mayoritas pengguna selular di Indonesia. Sasaran penyadapan yang diungkap oleh Edward Snowden, meliputi para pejabat dan tokoh serta para tersangka teroris yang sering beraksi di Indonesia. Dari kedua operator tersebut, Intelijen Australia dan Amerika Serikat berhasil membongkar enkripsi sekitar 1,8 juta pelanggan.

Langkah-langkah konkret harus dilakukan oleh Pemeritah Indonesia lantaran penyadapan tersebut telah sangat merugikan masyarakat Indonesia. Masyarakat menjadi resah dan takut dalam berkomunikasi. Bahkan muncul ajakan untuk berpindah ke operator lain yang tidak disadap oleh Amerika dan Australia.

Namun menurut Indonesia ICT Forum, tetap tidak ada jaminan jika berpindah, kemudian tidak disadap.

“Pemerintah harus bisa melindungi industri telekomunikasi dalam negeri dengan bersikap tegas terhadap pihak asing yang tidak menunjukan itikad baik untuk bekerjasama,” tegas Teguh, Ketua Dewan Pakar Indonesia ICT Forum (IIF).

Mengenai adanya indikasi pihak operator bekerjasama dengan dinas intelijen asing, IIF akan membentuk tim independen terdiri para ahli IT dan ahli forensik jaringan.

“Kita ingin mengetahui operator Telkomsel dan Indosat pelaku ataukah korban?” jelas Teguh. H

Hasil dari tim independen nantinya akan disampaikan kepada berbagai pihak terkait.

Terkait dengan ucapan Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring yang langsung mengancam akan menutup Operator Telkomsel dan Indosat, jika memang kedua operator tersebut terlibat, Indonesia ICT Forum sangat menyayangkan.

Pernyataan tersebut menimbulkan keresahan, karena menyangkut hajat berkomunikasi 77 % pengguna seluler di Indonesia. Dampak pernyataan Menkominfo sangat besar dan luas. Indonesia ICT Forum meminta kepada Pemerintah untuk fokus memprotes tindakan Australia dan Amerika Serikat.

Lebih lanjut Teguh menyatakan bahwa penyadapan yang dilakukan oleh Australia dan Amerika Serikat sama saja dengan merendahkan kedaualatan dan martabat bangsa Indonesia.

“Kami meminta agar Menteri Luar Negeri memanggil duta besar Australia dan Amerika, memprotes keras dan meminta pertanggungjawaban mereka,” kata Teguh.

Melalui komisi I DPR RI, Indonesia ICT Forum juga meminta agar Menlu memberikan penjelasan terkait penyadapan yang dilakukan oleh Amerika dan Australia

Sekian berita Smartphone terbaru dari kami mengenai IIF Siap Bentuk Tim untuk Selidiki Penyadapan Telkomsel & Indosat. Harapan kami artikel seputar Smartphone yang berjudul IIF Siap Bentuk Tim untuk Selidiki Penyadapan Telkomsel & Indosat ini bisa bermanfaat untuk anda. Jangan lupa terus kunjungi Tabloid Smartphone untuk mendapatkan berita seputar Smartphone setiap harinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : IIF Siap Bentuk Tim untuk Selidiki Penyadapan Telkomsel & Indosat